PENGETAN ADEGING KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Administrator 26 Mei 2020 10:14:25 WIB

Tepat pada tanggal 27 Mei 2020 besok Kabupaten Gunungkidul akan memasuki usia ke-189 tahun. Sebagaimana diketahui Kabupaten Gunungkidul lahir sejak tahun 1831. Peringatan hari jadi kali ini bertema “MEMETRI BUDAYA:  Kanthi Greget Memetri Budaya Kang Adiluhung, Gya Kita Mbrastha Corona Saka Bumi Handayani.”

Angka 189 bebentuk siluet tokoh pewayangan Arjuna/Janaka. Arjuna / Janaka adalah Ksatria yang berwajah rupawan, seperti halnya keindahan dan keelokan potensi alam di Kabupaten Gunungkidul,  Angka 189 berwarna emas, melambangkan kejayaan atau sebuah pencapaian besar dari cita-cita dan harapan agar Kabupaten Gunungkidul dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, hingga keseluruh dunia.

Tulisan GK adalah ambigram yang terbentuk dari inisal Gunungkidul. Melambangkan masyarakat Gunungkidul yang percaya diri, harmonis, dinamis dan empan papan ( mampu menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi ).

Bulan sabit adalah simbol dari semangat pembaruan munuju masyarakat Gunungkidul yang maju, mandiri dan Handayani (memberi manfaat/migunani tumapring liyan).  Bulan sabit berwarna merah dan kuning, diambil dari warna Podhang Ngisep Sari, yang menggarmbarkan masyarakat Gunungkidul yang mencapai kesejahteraan namun tetap saling menghargai satu sama lain.

Tema Memetri Budaya dapat diartikan menggali, menjaga, memelihara dan melestarikan potensi budaya lokal sebagai bagian dari kekayaan Budaya Nasional Indonesia.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar