SADRANAN TAHUN 2020

Administrator 23 Juli 2020 19:47:07 WIB

Petir (Sida Samekta) - Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.  Nyadran berasal dari bahasa Sanskerta, sraddha yang artinya keyakinan. Nyadran adalah tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Dalam bahasa Jawa, Nyadran berasal dari kata sadran yang artiya ruwah syakban. Nyadran adalah suatu rangkaian budaya yang berupa pembersihan makam leluhur, tabur bunga, dan puncaknya berupa kenduri selamatan di makam leluhur. (source Wikipedia)

Kamis Kliwon (23/07/2020) warga masyarakat Kalurahan Petir melaksanakan upacara adat Nyadran mbah jobeh.  Petilasan Mbah Jobeh sendiri merupakan petilasan yang sangat dikeramatkan oleh warga Kalurahan Petir. Asal mula petilasan itu konon berawal pada saat zaman dahulu ada dua tokoh setempat bernama Ki Kenthung dan Nyi Kenthung gelisah lantaran pada saat itu semua tanaman di wilayahnya mengering. Mereka kemudian bersemedi di petilasan dan doanya pun dikabulkan. Pada saat itu pula semua tanaman yang semula mengering menjadi hijau serta setelah dipanen hasilnya sangat melimpah.

Saat itu Ki kenthung menyebutnya semua tanaman itu menjadi hijau semua atau Ijo Kabeh, sehingga disingkat Jobeh.  Setelah itu petilasan yang pernah digunakan oleh Ki Kenthung diadakan upacara Nyadran setiap tahun.  Begitulah sejarah singkat/ asal muasal dilaksanakan nyadaran mbah jobeh.

Bongko Gudhe merupakan, sesajian wajib sadranan Mbah Jobeh Kalurahan Petir Kapanewon Rongkop Kabupaten Gunungkidul sedangkan Legandha, makanan khas yang hadir kala Sadranan Mbah Jobeh.

Untuk yang tidak bisa menyaksikan dan mengikuti prosesi upacara adat nyadran Mbah Jobeh Tahun 2020 ini bisa melihat di galeri ya…. (ingat selalu jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun ya….)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar