Penyuluhan tentang HIV AIDS dan Upaya Penurunan Stigma dan Diskriminasi Terhadap ODHA

Operator 18 September 2020 22:06:37 WIB

Petir (Sida Samekta) HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.  Beberapa cara penularan Virus HIV/ AIDS melalui hubungan seks tanpa kondom dengan penderita, berbagi alat suntik dengan orang yang positif mengidap HIV, Ibu hamil positif HIV kepada bayinya selama masa kehamilan, persalinan dan / waktu menyusui dan melalui transfusi darah yang sudah tercemar HIV. 

Hal ini dijelaskan oleh Puskesmas Rongkop dalam kegiatan peningkatan pengetahuan tentang pencegahan penularan HIV AIDS dan upaya penurunan stigma dan dikriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). Kegiatan tersebut dilaksanakan Rabu, 16 September 2020 bertempat Balai Padukuhan Petir A yang diahadiri dari unsur kader kesehatan, karang taruna, tokoh masyarakat  dan juga warga masyarakat.

Stigma dan diskriminasi yang berkembang di masyarakat telah menjadi hukuman sosial terhadap pengidap HIV AIDS yang bisa berbagai macam bentuk, bisa berupa tindakan pengasingan, penolakan dan diskriminasi.  Dibutuhkan pemahaman terhadap ODHA dan juga terhadap masyarakat, agar mereka (ODHA) mendapat tempat yang layak ditengah masyarakat dan tidak perlu dikucilkan.  Hal ini juga yang menjadi salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar