WARGA KALURAHAN PETIR DILATIH PRANATACARA

Administrator 24 September 2020 20:34:02 WIB

Petir (Sida Samekta) – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pelatihan Pranatacara selama tiga hari (22-24 September 2020) bertempat di eks Terminal Lama Wonosari.  Pelatihan diikuti oleh 32 peserta dari Kalurahan Petir , Kapanewon Rongkop yang terdiri dari utusan 13 Padukuhan, Pamong Kalurahan dan Karang Taruna.

Pelatihan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Bahasa dan sastra bagi generasi muda, sehingga generasi muda dapat melestarikan bahasa dan sastra jawa, ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul melalui Kepala Bidang Sejarah Bahasa dan Sastra, Sigit Pramudyanto.

Pada hari pertama pelatihan diberikan pelajaran teori serta dasar-dasar pranatacara, hari kedua tentang tata busana Jawa gagrag Ngayogyakarta dan dihari ketiga praktek pranatacara (pranatacara,pambagya,pasrah dan panampi).

“ Pelatihan pranatacara sangat perlu dikembangkan sehingga akan tercipta pranatacara muda, syukur-syukur setelah mengikuti pelatihan ini generasi muda siap terjun menjadi pranatacara, baik untuk acara hajatan maupun acara budaya di lingkungan Kalurahan. “ ungkap Tomi Wibowo, A.Md salah satu peserta pelatihan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar