PORANG, GAHARU DAN CENDANA

Administrator 06 Desember 2019 12:16:58 WIB

Petir (Sida Samekta) PORANG apa sih itu, penyakit kulit, penyakit hewan atau penyakit manusia. Ha ha ha ha ha, mungkin itu pemikiran masyarakat awam yang belum mengerti jenis tanaman Porang.  Untuk lebih jelasnya kami mengambil pengertian porang dari wikipedia dan berbagai sumber lainnya.  Porang adalah jenis umbi-umbian yang bentuknya tidak beraturan dan membuat gatal yang menyentuhnya.

Iles-iles atau lebih dikenal dengan nama porang adalah tanaman penghasil umbi. Tak ubahnya ubi, suweg, dan talas, umbi porang juga dapat dikonsumsi.

Banyak orang menyamakan porang dengan suweg karena tampilannya yang nyaris serupa. Keduanya sama-sama memiliki batang tunggal bercorak belang hijau putih. Batang memiliki cabang-cabang sebagai tangkai daun.

Mengutip situs Tanobat, yang membedakan porang dengan suweg adalah adanya tonjolan cokelat kehitaman pada pertemuan cabang dan daun pada porang. Tonjolan ini merupakan perkembangbiakan vegetatif porang.

Porang tersebar mulai dari Kepulauan Andaman, India, kemudian ke Myanmar, Thailand, dan Indonesia. Porang bisa tumbuh di sembarang lokasi seperti pinggir hutan jati, bawah rumpun bambu, tepi sungai, semak belukar, atau di bawah aneka pohon rindang.

Berat umbi porang bisa mencapai 5 kilogram. Umbi umumnya berwarna kuning cerah, berbeda dengan suweg yang berwarna putih.

Senin (2/12) Ketua Kelompok Tani se-Desa Petir mendapatkan sosialisasi tentang tanaman porang beserta cara budidayanya.  Narasumber adalah Tim dari UGM, UPN Yogyakarta, diantaranya yaitu Prof. Dr. Sumarwoto, Ir. Sumiyarso, MP dan masih banyak lagi.

Selain itu juga disampaikan tentang tata cara budidaya tanaman cendana dan gaharu.

Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan ketua Kelompok Tani dan Bapak ibu Dukuh dapat menularkan ilmunya kepada anggotanya sehingga muncul keinginan untuk menanam serta membudidakan tanaman-tanaman yang bernilai jual tinggi ini, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Petir.

Komentar atas PORANG, GAHARU DAN CENDANA

Administrator 24 April 2020 15:51:39 WIB
Terimakasih telah mengunjungi Website Desa Petir dan bersedia menanggapi artikel kami, mohon maaf untuk saat ini kami belum mampu memenuhi permintaan saudara, karena saat ini kami juga sedang membudidayakan tanaman porang... Sekali lagi kami mohon maaf dan terimakasih...
Fredy Setyawan 16 April 2020 13:29:58 WIB
Selamat siang, saya fredy dari nglipar, saya sedang mencari buah porang, minimal 5 kwintal, Budget saya Rp 5.000/kg, WA 088216121201. Terimakasih.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar