EMPATI, SIMPATI DAN PEDULI

Administrator 11 Desember 2019 15:54:24 WIB

Petir (Sida Samekta) – Sering banyak orang salah mengartikan makna simpati dan empati, sebagaimana yang dilansir dari lifehack, hal ini dikarenakan kedua kata tersebut berurusan dengan emosi yang sama dan berasal dari istilah Yunani pathos (yang berkaitan dengan penderitaan dan perasaan).

Ternyata meski memiliki asal bahasa yang sama. Kedua kata ini memiliki perbedaan inti, simpati menggambarkan perasan belas kasih dan sayang atas kejadian yang menimpa seseorang, sedangkan empati dapat menempatkan diri pada posisi orang tersebut dan berbagi secara langsung kesedihan mereka tersbeut.

Orang yang bersimpati bisa diartikan sebagai orang yang berbagi keprihatinan dan belasungkawa namun mereka secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan langsung bagaimana perasaan mereka tentang kejadian tersbeut.

Sedangkan empati artinya satu perasaan dimana seseorang benar-benar tahu perasaan dari suatu kejadian karena ia pernah berada dalam posisi itu. Simpelnya orang yang bersimpati atas kehilangan seseorang yang dicintai, berarti ia merasa belas kasih dan prihatin atas kehilangan itu tanpa mengetahui pasti bagaimana rasanya kehilangan, sedangkan berempati berarti seseorang mengetahui perasaaan tersebut.

Perasaan simpati dan empati, keduanya merupakan hal yang penting karena dapat membuat anda menjadi seseoarng yang penuh kasih yang dapat menawarkan kenyamanan dan dukungan yang relevan pada mereka yang membutuhkan.

Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.

Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya. Ketika ia melihat suatu keadaan tertentu, ketika ia menyaksikan kondisi masyarakat maka dirinya akan tergerak melakukan sesuatu. Apa yang dilakukan ini diharapkan dapat memperbaiki atau membantu kondisi di sekitarnya.

 

Itulah pengantar dari artikel yang akan kami share kepada pengunjung setia Website Desa Petir, ya itu untuk yang belum paham saja makna dari ungkapan empati, simpati dan peduli,,,, bagi yang sudah tahu abaikan saja ya..............

Paguyuban Perantau Desa Petir bekerjasama dengan YBM PLN menyelenggarakan aksi peduli Berbagai Sembako Untuk Dhuafa di Desa Petir Minggu (8/12).  Dalam kesempatan kali ini membagikan 50 paket sembako kepada kaum Dhuafa di Desa Petir.  Pengurus dan anggota Paguyuban Perantau Petir langsung memberikan paket sembako dan disaksikan oleh Kepala Desa Petir di Balai Desa Petir.

“ Alkhamdulillah pun diparingi wos, lisah, gendis, teh lan sanesipun, mugi-mugi tansah pikantun piwales sakeng gusti Allah.“ ungkap Tuginem salah satu penerima yang hadir di Balai Desa Petir.

Komentar atas EMPATI, SIMPATI DAN PEDULI

Administrator 08 April 2021 09:21:45 WIB
kembali kasih...
Ellen Josophine 04 April 2021 16:46:36 WIB
In8 sangat bagus untuk kita dan terimakasih banyak
Elizabeth 04 April 2021 16:44:54 WIB
Sahat 19 Maret 2021 08:06:27 WIB
On
Hafid choirul umam 16 Maret 2021 07:37:29 WIB
Maaf kok di depan jawabannya gk ada yha:V
Operator 19 Februari 2021 14:55:16 WIB
terimakasih
MRD 26 Januari 2021 10:17:27 WIB
Ini Sangat bagus

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung