Profil Potensi Desa

Administrator 30 April 2014 17:23:24 WIB

 Beberapa potensi unggulan sebagai kontribusi secara nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa Petir adalah:

  • Pertanian

Potensi unggulan yang ada di Desa Petir untuk meningkatkan pendapatan penduduk perkapita pada dasarnya adalah petani, dikarenakan lahan yang masih sangat luas dan subur.Potensial untuk tanaman lahan kering (padi gogo dan palawija), tanaman buah-buahan (pisang, mangga, sirsak, papaya, dan lain-lain), budidaya perikanan perairan darat (telaga) dan perikanan tangkap, kolam terpal serta untuk usaha budidaya ternak untuk pembibitan dan penggemukan (sapi, kambing, dan lain-lain). Sedangkan pada bidang kehutanan, dan sumber daya alam juga masih sangat banyak yang belum dimanfaatkan dengan baik.

  • Potensi Industri

Keterampilan industri rumahan seperti industri tempe, industri tas, anyaman bambu, dan juga keterampilan tangan berupa makanan kecil, dan lain-lain.

  • Pariwisata

Dalam bidang pariwisata, desa Petir memiliki potensi wisata yang berbasis alam dan berbasis budaya. Dalam bidang budaya sendiri, desa Petir memiliki berbagai upacara adat seperti upacara adat rasulan pada tiap dusun, upacara adat Mbah Jobeh yang diadakan setahun sekali, kesenian karawitan, wayang orang dan lain sebagainya yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sedangkan pada bidang yang berbasis alam sendiri dikarenakan desa Petir memiliki kontur wilayah berbukit dan bergunung-gunung, maka daya tarik wisatanya antara lain wisata gunung, dan wisata goa yang saat ini memang belum terjamah sehingga belum begitu dikenal oleh wisatawan dari luar daerah. Untuk wisata lainnya seperti embung/ telaga belum dikembangkan dengan baik.

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Petir

tampilkan dalam peta lebih besar